Langsung ke konten utama

Makanan terkenal 1

1. Nasi Goreng



Nasi goreng kabarnya sudah dikenal oleh masyarakat sejak ribuan tahun silam, tepatnya tahun 4.000 SM. Nasi goreng yang selama ini identik dengan kebiasaan sarapan atau kebiasaan makan malam orang Indonesia, ternyata merupakan masakan tradisional masyarakat Tionghoa. Ide pembuatan nasi goreng pada awalnya dilakukan oleh orang-orang Tionghoa karena mereka tidak menyukai makanan-makanan yang dingin. Dari kejadian nasi yang telah mendingin itulah, kemudian mereka menambah cita rasa nasi dengan menambah bumbu-bumbu. Pengolahan nasi goreng ini juga dilakukan karena masyarakat Tionghoa menghindari pemborosan beras.

Sementara di Indonesia sendiri kehadiran nasi goreng belum jelas diketahui. Satu hal yang pasti, masa perdagangan yang terjadi antara orang-orang China yang datang ke Indonesia sudah mulai sejak zaman kerajaan Sriwijaya sekitar abad ke-10. Dan berlanjut pada masa Kerajaan Majapahit, yaitu sekitar abad ke-15. Sejak saat itu juga para warga Tionghoa yang mulai menetap di Indonesia dinilai membawa budaya termasuk masakan-masakan khas mereka. Hingga akhirnya menyebarlah resep nasi goreng yang digemari tersebut.

2. Es Krim



Es krim dipercaya berawal dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Romawi di tahun 64 M. Ini terbukti dari catatan sejarah yang menceritakan mengenai salah satu hidangan pesta. Hidangan tersebut adalah es salju halus yang diambil dari penggunungan dan dihidangkan bersama buah-buahan serta madu. Tetapi yang paling awal mengenalkan bentuk es krim seperti sekarang adalah Kaisar Tang dari Dinasti Shang, China, pada tahun 700 M. Ketika es yang diambil dari salju disajikan, Kaisar meminta agar es tersebut dicampur dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus. Adonan tersebut diaduk hingga membentuk krim. Maka, jadilah adonan es krim seperti yang kita kenal sekarang.

Namun banyak yang mengatakan bahwa adonan es krim pertama kali dikenalkan oleh Marcopolo pada abad ke-16. Ia pulang dari berlayar dan membawa resep es krim. Awalnya es krim terbuat dari es salju yang dicampur lemak susu, buah-buahan, dan diberi berbagai macam adonan sehingga lembut dan nikmat. Saat itu, es krim adalah hidangan istimewa yang hanya dapat dinikmati kaum bangsawan.

Di Indonesia, es krim dibawa oleh bangsa Belanda. Ice Cream Saloon adalah es krim pertama yang hanya bisa dinikmati di kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, dan Surabaya. Saat itu es krim merupakan makanan mewah dan mahal, sehingga kebanyakan hanya orang Belanda saja yang menikmatinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trainees gathering

Ini pertama kalinya saya mendapatkan ini di hotel, rasanya bisa ngumpul sesama anak training di semua departemen.  Gathering disini dimana hrd menjelaskan rules hotel yang harus di ikuti, karna bulan ini ada yang kedapatan melanggar jadi di ingatkan kembali Saya mau cerita sedikit, ini getring pertama jadi kami tentu malu malu apalagi pada saat perkenal diri behh itu juga pada saat kita ngumpul banyak yang ajak bicara tapi kita juga tidak tau karna mereka pake bahasa sunda, jadi ada teman dari medan pada saat sesi pertanyaan, mengeluhkan tentang banyak staff bahkan sesama anak training itu pake bahasa sunda.  Seru sih disini apalagi banyak cewek bandung yang cantik cantik jadi tidak perna bosan untuj datang ke hotel hahahaha sttt...

Terminologi

Baba ghanoush Baba ghanoush (bahasa Arab بابا غنوج bābā ghanūj) adalah hidangan favorit Levantine terong (terong) yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu. Seringkali terung dipanggang atau dipanggang di atas nyala api sebelum mengupas, sehingga ampasnya lembut dan memiliki rasa berasap. Baba ghanoush biasanya dimakan sebagai saus dengan roti pita, dan kadang-kadang ditambahkan ke hidangan lainnya. Biasanya berwarna coklat muda yang bersahaja. Di Ethiopia, hidangan ini umumnya dikenal sebagai blagadoush. Mutabbal Mirip dengan baba ghanoush adalah hidangan Levantine lain mutabbal (متبل lit. 'dibumbui'), yang juga termasuk tumbuk terong matang dan tahini, dan dicampur dengan garam, lada, minyak zaitun, dan biji anar. Mutabbal kadang-kadang dikatakan sebagai versi spanyol dari baba ghanoush. Kyopolou Bulgaria Di Turki, meze serupa disebut patlıcan salatası ("terung salad"). Ini dibuat dengan terung tumbuk, minyak zaitun, jus lemon dan bawang putih; kada

Utensil 8

Piping tube: Spuit yang terbuat dari steinless digunakan untuk menghias tart. Besi/stainless steel dan plastik Danish pastry cutter: Serupa dengan pastry cutter tetapi berjumlah banyak sehingga dapat digunakan untuk memotong adonan dalam jumlah banyak sekaligus dapat dilebarkan sesuai kebutuhan Stainless steel Pastry bag : Plastik atau kain yang berbentuk segi tiga. Plastik