Langsung ke konten utama

teriminology#4




Pastri choux adalah adonan yang dibuat dengan menggunakan mentega, air tepung terigu dan telur. Selain itu, gula dan garamdapat ditambahkan ke dalam adonan tersebut. Nama adonan ini berasal dari bahasa perancis yaitu Pâte à choux yang secara literal berarti "pasta kubis" karena bentuk akhirnya yang menyerupai kubis.  Sementara itu, adonan ini sering disebut sebagai Choux paste karena teksturnya yang tidak padat seperti adonan lain tetapi bertekstur seperti pasta Adonan ini dapat dicetak menjadi berbagai macam bentuk serta merupakan adonan dasar dari pembuatan kue susu dan eclair



Dinamakan hard rolls karena permukaan roti yang keras namun lembut didalam. Roti ini terdiri dari bahan-bahan dasar seperti bread flour, air, ragi instan, garam, gula, shortening, dan putih telur. Pengembangan roti disebabkan karena fermentasi ragi instant, tentunya membuat tektur dalam roti lembut.

http://artikata.com/arti-85773-hard+roll.html 


Saus Béchamel adalah salah satu dari lima saus utama dalam kuliner klasik perancis Saus béchamel versi modern dibuat dari susu dan roux (campuran dari mentegadan tepung terigu) serta dapat ditambahkan bumbu-bumbu seperti garam ladadan biji pala Sementara itu, saus béchamel versi klasik dibuat dari daging sapimuda beserta bumbu-bumbu yang direbus dalam kaldu bening. Namun, versi klasik dari saus ini sudah jarang dibuat oleh para juru masak modern  Saus béchamel pertama kali dibuat oleh Pierre de la Varenne yang saat itu merupakan juru masak pribadi dari Louis XIV  Ia kemudian menulis resep dari saus ini dalam bukunya yang berjudul Le Cuisinier Francois (Kuliner Perancis). La Varenne menamakan saus yang diciptakannya sesuai dengan nama temannya yaitu Marquis Louis de Béchamel

https://id.wikipedia.org/wiki/Saus_B%C3%A9chamel 


Minestrone adalah sup kental dari Italia yang dibuat dengan sayuran, seringkali dengan penambahan pasta atau nasi, kadang-kadang keduanya. Menggunakan bahan-bahan umum termasuk kacang, bawang, seledri, wortel, kaldu, dan tomat. Tidak ada resep untuk minestrone, karena biasanya terbuat dari sayuran apa pun yang sedang musimnya. Bisa sayuran, mengandung daging, atau mengandung kaldu berbahan dasar daging (seperti kaldu ayam).
Kata minestrone, yang berarti sup sayuran tebal, dibuktikan dalam bahasa Inggris dari 1871. Adalah dari minestrone Italia, bentuk augmentatif dari minestra, "sup", atau lebih harfiah, "yang disajikan", dari minestrare, "untuk melayani" dan serumpun dengan administrator seperti "untuk mengelola obat". Dalam bahasa Italia modern ada tiga kata yang sesuai dengan sup dalam bahasa Inggris : zuppa yang digunakan dalam arti sup tomat, atau sup ikan, minestra yang digunakan dalam arti sup yang lebih substansial seperti sup sayuran, dan juga untuk sup "kering", yaitu hidangan pasta dan minestrone, yang berarti sup yang sangat besar, meskipun artinya kini telah dikaitkan dengan hidangan khusus ini.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Minestrone



Pempek, mpek-mpek atau empek-empek adalah makanan dengan kelezatan ikan gurih dari Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, terbuat dari ikan dan tapioka. Pempek disajikan dengan saus asam manis yang kaya yang disebut kuah cuka atau kuah cuko (saus cuka), atau hanya "cuko". Kadang-kadang orang lokal juga menambahkan mie kuning untuk variasinya.
Pempek adalah hidangan Palembang yang paling terkenal. Asal-usulnya tidak diragukan lagi. Namun, sejarah di balik penciptaan hidangan gurih ini tidak jelas. Menurut tradisi setempat, sekitar abad ke-16 ada seorang imigran Tionghoa tua yang tinggal di dekat sungai Musi. Dia melihat banyak ikan yang ditangkap oleh nelayan setempat. Dalam iklim tropis Sumatera, sebelum penemuan teknologi pendinginan, sebagian besar ikan sisa yang belum terjual ini membusuk dan terbuang sia-sia. Pria Cina tua itu mencampurkan ikan dengan beberapa tapioka dan rempah-rempah lainnya, yang kemudian dia jual di sekitar desa di gerobaknya. Orang-orang menyebut orang tua ini sebagai 'pek-apek, di mana apek adalah kata slang Cina untuk memanggil orang tua. Sehingga makanan saat ini dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pempek

Brioche adalah kue asal Perancis yang mirip dengan roti, dan memiliki kandungan telur dan mentega yang tinggi (400 gram untuk setiap kilogram tepung) memberikannya remah yang kaya dan lembut. Brioche memiliki kerak gelap dan emas, biasanya dioleskan dengan telur setelah proses fermentasi. Brioche dianggap sebagai Viennoiserie, karena dibuat dengan cara dasar yang sama dengan roti, tetapi memiliki aspek yang lebih kaya dari kue karena tambahan telur, mentega, bahan cair (susu, air, krim, dan, kadang-kadang brendi) ) dan kadang-kadang sedikit gula.



Kentang goreng (Bahasa Inggris Amerika Utara), keripik (Inggris dan Persemakmuran Inggris), keripik jari (Bahasa Inggris India), atau kentang goreng Prancis adalah kentang goreng yang digoreng dengan potongan allumette. Kentang goreng disajikan panas, baik lembut atau renyah, dan umumnya dimakan sebagai bagian dari makan siang atau makan malam atau sebagai camilan, dan biasanya muncul di menu, restoran cepat saji, pub, dan bar. Biasanya memiliki rasa asin dan dapat disajikan dengan saus tomat, cuka, mayones, atau makanan lokal lainnya.

Thomas Jefferson memiliki "kentang disajikan dengan cara Prancis" di makan malam Gedung Putih pada tahun 1802. Ungkapan "kentang goreng Prancis" pertama kali dicetak dalam bahasa Inggris pada 1856 karya Cookery untuk Maids of All Work oleh E. Warren: "Kentang Goreng Prancis. Potong kentang dalam irisan tipis, masukkan ke dalam minyak yang mendidih, dan sedikit garam, goreng kedua sisi hingga warna cokelat keemasan, tiriskan. " Catatan ini mengacu pada irisan kentang goreng yang tipis dan dangkal, tidak jelas di mana atau kapan kentang goreng pertama disiapkan. Pada awal abad ke-20, istilah "French fried" digunakan dalam arti "digoreng" untuk makanan seperti onion ring atau ayam.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kentang_goreng



Nasi uduk adalah nasi kukus khas Indonesia yang dimasak dengan santan yang berasal dari Jakarta, yang dapat ditemukan secara luas di seluruh negeri.

Nasi uduk secara harfiah berarti "nasi campur" dalam dialek Betawi, terkait dengan istilah Indonesia aduk ("campuran"). Nama ini menjelaskan persiapan hidangan itu sendiri yang membutuhkan lebih banyak bahan (santan, cengkeh, sereh, kayu manis, dan daun pandan) daripada memasak nasi kukus umum dan lauk tambahan.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nasi_uduk


Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nasi_goreng_(Indonesia)


Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.
Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nasi_kuning


Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).
Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, utamanya adalah bagian sandung lamur. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Rawon

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trainees gathering

Ini pertama kalinya saya mendapatkan ini di hotel, rasanya bisa ngumpul sesama anak training di semua departemen.  Gathering disini dimana hrd menjelaskan rules hotel yang harus di ikuti, karna bulan ini ada yang kedapatan melanggar jadi di ingatkan kembali Saya mau cerita sedikit, ini getring pertama jadi kami tentu malu malu apalagi pada saat perkenal diri behh itu juga pada saat kita ngumpul banyak yang ajak bicara tapi kita juga tidak tau karna mereka pake bahasa sunda, jadi ada teman dari medan pada saat sesi pertanyaan, mengeluhkan tentang banyak staff bahkan sesama anak training itu pake bahasa sunda.  Seru sih disini apalagi banyak cewek bandung yang cantik cantik jadi tidak perna bosan untuj datang ke hotel hahahaha sttt...

Terminologi

Baba ghanoush Baba ghanoush (bahasa Arab بابا غنوج bābā ghanūj) adalah hidangan favorit Levantine terong (terong) yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu. Seringkali terung dipanggang atau dipanggang di atas nyala api sebelum mengupas, sehingga ampasnya lembut dan memiliki rasa berasap. Baba ghanoush biasanya dimakan sebagai saus dengan roti pita, dan kadang-kadang ditambahkan ke hidangan lainnya. Biasanya berwarna coklat muda yang bersahaja. Di Ethiopia, hidangan ini umumnya dikenal sebagai blagadoush. Mutabbal Mirip dengan baba ghanoush adalah hidangan Levantine lain mutabbal (متبل lit. 'dibumbui'), yang juga termasuk tumbuk terong matang dan tahini, dan dicampur dengan garam, lada, minyak zaitun, dan biji anar. Mutabbal kadang-kadang dikatakan sebagai versi spanyol dari baba ghanoush. Kyopolou Bulgaria Di Turki, meze serupa disebut patlıcan salatası ("terung salad"). Ini dibuat dengan terung tumbuk, minyak zaitun, jus lemon dan bawang putih; kada

Utensil 8

Piping tube: Spuit yang terbuat dari steinless digunakan untuk menghias tart. Besi/stainless steel dan plastik Danish pastry cutter: Serupa dengan pastry cutter tetapi berjumlah banyak sehingga dapat digunakan untuk memotong adonan dalam jumlah banyak sekaligus dapat dilebarkan sesuai kebutuhan Stainless steel Pastry bag : Plastik atau kain yang berbentuk segi tiga. Plastik